HEBOOHH!!!Sambut SBMPTN 2016, Unpad Buka Jurusan Baru !!



 Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung membuka jurusan baru kedokteran hewan pada tahun anggaran 2016-2017 dan menjaring mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

"Tahun ini Unpad membuka jurusan Kedokteran Hewan di bawah Fakultas Kedokteran. Hal itu untuk menjawab permintaan dokter hewan yang kian dibutuhkan di masyarakat," kata Rektor Unpad Prof Dr Tri Hanggono Achmad dalam sosialisasi SBMPTN 2016 di Sekretariat Panitia Lokal 34 Bandung, Selasa, 26 April 2016.

Ia menyebutkan, pembukaan kedokteran hewan itu sudah direncanakan sejak beberapa tahun terakhir menyusul tingginya kebutuhan dokter hewan di masyarakat. Ia tidak menyebutkan jumlah kuota bagi jurusan baru itu, tapi diperkirakan peminatnya cukup tinggi.

Sebelum kedokteran hewan, Unpad membuka jurusan baru, yakni Jurusan Film dan Televisi pada 2015.

"Ya dalam dua tahun tahun terakhir kita buka dua jurusan baru, dan peminatnya memang langsung tinggi," kata Tri Hanggono.

Sementara itu, lima rektor perguruan tinggi negeri di Jabar hadir dan turun langsung melakukan sosialisasi. Mereka adalah Rektor ITB Prof Dr Achmaloka, Rektor Unpad Prof Dr Tri Hanggono, Universitas Rektor Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Dr H Furqon, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Prof Dr H Mahmud dan Rektor Universitas Siliwangi Prof Dr Rudy Priyadi.

Pendaftaran online SBMPTN 2016 dimulai 25 April 2016 hingga 20 Mei 2016. Ujian tulis akan dilakukan pada 31 Mei 2016 dan ujian keterampilan pada 1-2 Juni, sedangkan hasil tes akan diumumkan pada 28 Juni 2016.

Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal 34 Bandung Asep Gana Suganda menyebutkan, metode tes pada 2016 selain menggunakan paper-based testing, akan menggunakan sistem computer-based testing (CBT).

"Jumlah perguruan tinggi yang menggelar SBMPTN ada 78 perguruan tinggi. Itu pun tidak semuanya, hanya 30 perguruan tinggi menyelenggarakan dengan CBT," kata Asep Gana.

Di Panlok 34 Bandung, seleksi dengan metode CBT diselengarakan di Unpad yang dibatasi 100 peserta, UPI 100 peserta dan ITB 120 peserta. Perbedaan lain yang terjadi dalam penyelenggaraan SBMPTN 2016 adalah berubahnya alamat situs pendaftaran dari www.sbmptn.or.id menjadi www.sbmptn.ac.id.

Selain itu, biaya pendaftaran juga naik dua kali lipat dari Rp 100 ribu menjadi Rp 200 ribu.

"Daya tampung atau kuota di lima perguruan tinggi di Jabar sebanyak 21.368 kursi, 8.960 di antaranya melalui jalur SBMPTN 2016," kata Asep Gana menambahkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL HADDAD??Who is it?????

HEBOOOOHH!!!!Curhat Anggota ISIS atas Perilaku Teman-temannya!!

Wahhh Adegan BAHAYA Fast and Furious 7 Bakal Rilis